Friday, May 18, 2018

Mau Makan besar Pas Buka puasa??? Baikkah???


Assalamu'alaikum sahabat dimanapun berada,
dan selamat menjalankan ibadah puasa. semoga di beri kelancaran dan pahala berlipat ya.... amin.


Dibulan puasa ini, adalah bulan penuh makna dan bulan yg di tunggu kaum muslimin dimanapun berada. Nah kali ini kita bahas masalah buka puasa kawan.


Menjelang berbuka, kamu akan mendapati buanyak menu makanan yg rasanya pasti sangat  menggugah selera kalian semua nih. Dan pastinya tidak sabar ingin melahapnya habis, Pembalasan karena seharian berpuasa.

Meski begitu sobat, Sebenarnya bolehkan makan sebanyak banyaknya pas buka puasa itu di lakukan??? Lalu, kapan waktu terbaik untuk makan besar ini??

Boleh dilakukan atau paling tidak, tidak ada larangan untuk berbuka puasa dengan makan sebanyak2nya. Namun langsung menyantap makanan berat saat berbuka cenderung akan membuat pencernaan kita kaget sobat.


ini disebabkan karena perut berada dalam kondisi kosong selama lebih dari 12 jam saat berpuasa, dan bukan hal yang kurang baik langsung menyuruh perut bekerja keras ketika kamu berbuka puasa.

Allah Ta’ala berfirman, yang artinya“Makan dan minumlah, dan jangan berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak Menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan.” (Qs. Al-A’raf: 31)

Ada baiknya makanlah beberapa kurma, usahakan jumlahnya ganjil. 
Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berbuka dengan beberapa biji ruthab (kurma masak yang belum jadi tamr) sebelum shalat Maghrib; jika tidak ada beberapa biji ruthab, maka cukup beberap biji tamr (kurma kering); jika itu tidak ada juga, maka beliau minum beberapa teguk air.” (HR. Abu Dawud dan Tirmidzi. Hadits Hasan Shahih)

Kemungkinan Buruk yang terjadi bila langsung makan berlebihan setelah berbuka puasa adalah meningkatnya kadar gula dalam darah secara drastis. Ini akan membuat insulin dalam darah juga mengalami peningkatan.

Selain itu, Suplai darah ke otak akan menurun karena harus menyerap makanan terlebih dulu di saluran pencernaan. Akibatnya, kamu akan mengantuk ketika menjalankan tarawih. Intinya Makan berlebihan ketika berbuka puasa membuat kita malas beribadah.

Setelah Tarawih adalah waktu makan terbaik, dan tentunya bukan berarti harus berlebihan juga. karena pencernaan kita butuh waktu kurang lebih 1 jam untuk mencerna makanan. Gunakan lah waktu setelah makan untuk tadarus dan beribadh lainnya.

Setelah itu barulah istirahatkan badan dan jangan begadang terlalu larut walaupun kita beribadah. Karena kita juga harus bangun untuk Makan sahur. Hal ini bisa membuat kesehatan tetap terjaga sobat.

Semoga artikel singkat ini bisa membantu kita mendekatkan diri kita kepada Allah SWT, dan memanfaatkan Bulan suci ramadhan ini dengan sebaik-baiknya.
Amin.

Share ya kawan, 
بَلِّغُوا عَنِّى وَلَوْ آيَةً
Sampaikanlah dariku walau hanya satu ayat” (HR. Bukhari). 
Ibnu Hajar rahimahullah menjelaskan, ولو آية maksudnya adalah walau hanya satu ayat, hendaknya setiap orang yang mendengarnya bersegera menyampaikan ilmu yang dia terima walaupun sedikit, agar semua ilmu yang datang dari Nabi shallallahu alaihi wa sallam terus bersambung.” 







No comments:

Post a Comment