Monday, May 14, 2018

Tips Agar KENTUT tidak bau Busuk




10 tips agar kentut tak bau busuk

Masalah muncul jika banyak orang yang ikut mencium bau kentut sehingga membuat suasana menjadi canggung. Menurut Medical News Today, orang kentut sekitar 5 hingga 15 kali dalam sehari. Walaupun begitu tidak semua kentut berbau.

Nah, agar kentut Anda tidak berbau busuk, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Berikut 11 di antaranya, seperti dilansir dari New York Post:

1. Jangan mengunyah permen karet

Permen karet memang menjaga napas untuk tetap segar selama beraktivitas. Namun, hal ini ternyata punya efek samping yang tidak diinginkan.

Ketika Anda mengunyah permen karet, itu sama saja dengan menelan udara. Hal itu akan menumpuk di pencernaan dan menimbulkan kentut.

2. Makan perlahan

Makin cepat Anda makan, makin banyak udara yang ditelan. Walaupun begitu, udara yang tertelan tidak bisa dihindari ketika kita sedang makan.Sehingga, untuk memperlambat laju udara, makanlah dengan lebih perlahan.

3. Jangan pakai celana ketat

Celana jins ketat mungkin terlihat keren. Namun, hal itu bisa bikin kembung dan memungkinkan Anda untuk kentut.

Pakaian yang longgar disarankan untuk membuat udara bisa lebih bebas untuk keluar dari tubuh.

4. Cari tahu tentang alergi

Jika Anda memiliki alergi tertentu terhadap makanan, itu bisa menimbulkan gas dalam tubuh.

Perlahan singkirkan makanan dengan gas dari pola makan, kemudian konsumsi itu satu per satu untuk mencari tahu apa yang membuat Anda kentut berbau.

5. Tidak ada karbohidrat

Karbohidrat meningkatkan produksi gas dalam tubuh. Ini karena mereka mengandung fruktosa, laktosa, serat yang tidak larut dan pati yang berfermentasi di usus dan menyebabkan gas.

Tidak perlu menghindari karbohidrat, Anda cukup membatasinya saja.

Selain itu, Anda juga harus mengurangi jumlah konsumsi kacang, kecambah, minuman bersoda, jus buah, dan gandum.

6. Jangan merokok

Rokok menyebabkan gangguan pada paru-paru, serangan jantung, stroke, kanker tenggorokan, gangguan kehamilan, impotensi tapi bukan kentut.

Namun, udara yang ditelan ketika merokoklah yang menyebabkan hal tersebut. Ini karena para perokok menelan lebih banyak udara daripada mereka yang tidak.

7. Jangan Sampai Dehidrasi

Salah satu alasan Anda harus minum air adalah mencegah kentut berlebihan.

Apabila terhidrasi dengan baik, kotoran dan produk limbah lainnya melewati tubuh dengan lebih leluasa. Sehingga, penumpukan udara yang tidak nyaman tidak akan terjadi.

8. Olahraga

Tetap aktif bisa membantu sistem pencernaan Anda. Orang yang menjaga kebugaran memiliki sistem pencernaan yang lebih sehat daripada mereka yang tidak.

Tidak harus sering-sering dilakukan, berjalan setelah makan besar bisa dilakukan untuk mencegah kentut bau dan berlebih.

9. Hati-hati konsumsi suplemen

Probiotik dan suplemen yang mengandung enzim memang bagus untuk pencernaan.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa suplemen enzim dapat membantu pemecahan protein dan karbohidrat di dalam tubuh. Ini membuat mereka melewati sistem tubuh dengan lebih cepat.

Probiotik juga menjaga usus tetap sehat karena bisa mengurai makanan dengan cepat.

Namun, jika Anda terus menerus kentut ada baiknya bicara pada dokter sebelum mengonsumsi suplemen.

10. Biasakan Buang air Besar setiap hari

Usahakan untuk buang air besar (feses) setiap hari dan biasakan kalau bisa pagi hari. Jika rutin buang feses tiap pagi ini artinya tidak akan terjadi penumpukan feses yg berlebihan di perut.

Dimana hal ini akan berdampak kepada penumpukan udara kotor itu tidak akan terjadi.


Mungkin sekilas hal2 yang bisa kita hindari agar kentut kita tidak bau busuk. Semoga bermanfaat.




No comments:

Post a Comment